KOMPAK Bersama Tim Program UMD Jember gelar sosialis Desa Berbasis IT di Desa Bukor Waringin.

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Program Kolaborasi Masyarakat Dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK) dan Tim Program Universitas Membangun Desa (UMD) yang berasal dari Universitas Jember menggelar sosialisasi Desa Berbasia Informasi Tehnologi (IT) yang dilaksanakan di desa Bukor kecamatn waringin.

Berdasarka pantauan Jamtim Aktual, Minggu (28/8/2016) kemaren. Sosialisasi program inovasi KOMPAK (Kalaborasi Masyarakat Dan pelayanan untuk kesejahteraan) yang dilaksanakan di Desa Bukor di ikuti oleh segenap masyarakat setempat  serta di ikuti oleh Empat Desa  yang berada diwilayah sektor pemerintahan kecamatan Waringin, Antara lain desa yang terlibat adalah Desa Bukor, Glingseran, Banyuputih, dan Desa Ambulu, selain itu tadak lupa pula ikut mengawal dan menyukseskan acara tersebut rekan-rekan Pendamping Desa (PD) Dan semua Pendamping lokal Desa (PLD) keca,atan Waringin.

Hermanto Rahmat, salah satu dari Tim program MUD Universitas Jember mengatakan.  Program kompak ini bersinergi dengan kampus yang lolos sebagai Salah satu pemenang Program Universitas Membangun Desa (UMD) yang ada di Universitas Jember, kebetulan di Acara Sosialisasi Program ini di hadirin oleh Tim dari kampus Universitas Jember yang juga masuk di pemenang Program UMD"
" program ini bertujuan untuk mendorong dan memaksimalkan perencanaan, pembangunan, Dan pelayanan masyarakat desa baik yang berkaitan dengan data mau pun sistem informasi Desa (SID). Katanya"

" selain itu program ini mendorong Desa agar mememfaatkan dan memaksimalkan IT dalam Sistem informasi Desa, sehingga Desa memudahkan dalam mempromusikan, menginformaasikan semua potensi Desa, serta pengelolaan data terkait surat menyurat dan kebutuhan terkait dengan data kependudukan masyarakat desa. Ujarnya.

Selain itu Nurul Huda, salah satu PLD kecamatan Waringin mengatakan. Dengan kerjasama program KOMPAK ini maka pemerintah desan berserta perangkatnya akan mudah mengetahui perkembangan informasi  dari luwar baik lokal, regional, nasional, bahkan internasional, dengan adanya program ini beberapa desa sudah cukup merespon dan mengapresiasi dengan baik, Salah satunya kepala Desa Bukor, untuk merealisasikan program KOMPAK sudah memasukan program ini ke dalam usulan Anggaran Dana Desa (ADD).Ujarnya.

Sulaedi, Kepala Desa Glingseran  mengapresiasi dan menyambut baik adanya program ini, menurutnya program yang telah diberika oleh KOMPAK akan membantu desa dalam mendorong kemajuan masyarakat desa dapat melek informasi dan belajar mengenal lebih dalam tentang tehnologi, dia berharap dengan adanya program ini desa akan lebih maju dan berkembang dari sebelumnya dalam mecai terget pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan visi-misi UU Desa tahun 2014.

"Progam ini akan di dampingi oleh para Mahasiswa KKN yang di terjunkan dari Universitas Jember. Rencana mahasiswa KKN akan mendampingi selama kurang lebih kegiatan tugas peseta KKN yang di tentukan, Pungkasnya".(Arul/Muhri JA)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment