SISWA BOIKOT SEKOLAH

JATIMAKTUAL, JEMBER,- Sabtu (23 Juli 2016), suasana salah satu sekolah swasta SMK NURUL ANWAR SILO terlihat sepi. Tak terlihat pelajaran seperti biasanya, hanya ada satu Guru dan beberapa Siswa nongkrong diwarnet depan sekolah. 

Salah satu Aktivis mencoba mengkonfirmasi kenapa suasana belajar yang berbeda tersebut, mencoba mencari Kepala Sekolahnya, juga sedang tidak dilokasi. Akhirnya mencoba bertanya pada salah satu Siswa yang namanya enggan disebutkan.

"Teman-teman tidak mau sekolah mas, karena kepala sekolah diganti oleh Yayasan", jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya menelusuri Dewan Guru yang sepertinya sedang melakukan hal yang sama, "Kami sepakat pindah, kami gak mau sekolah dipimpin Kepsek yang gak tahu ngajar", katanya.

Karena versi mereka, Pemberhentian Kepala Sekolah tersebut dinilai secara sepihak  dan pengangkatan Kepala Sekolah baru tanpa proses pemilihan oleh Dewan Guru, sehibgga dianggap wajar apabila hal itu menjadi sumber masalah terhadap sikap Boikot Siswa disekolah tersebut.

Pendidikan meskinya mengajarkan tentang etika demokrasi, dan mengedepankan musyawarah mufakat, bukan otoritas tanpa batas. "Semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga, bahwa sistem demokrasi memang pilihan terbaik Bangsa." tandasnya. (Azz/JA)

Respon Pembaca.