BUDAK POKEMON

JATIMAKTUAL, ESAI,- Masyarakat androida adalah masyarakat yang lahir dari rahim android, smartphone atau gedset dan alat komunikasi sejenisnya. Saat ini tingkat ketergantungan pada android begitu tinggi bahkan melebihi kebutuhan perut sekalipun.

ketergantungan yang tinggi tersebut perlahan menggeser masyarakat androida pada jurang kematian nalar mereka mulai diasingkan oleh ideologi sains yang tidak lain sebagai perpanjangan koloni kapitalisme dalam bidang ilmu pengetahuan, disisi lain membawa impact positif tapi dilain sisi banyak membawa dampak yang begitu mengerikan, pemiliknya pun banyak terbius oleh aplikasi system yg memukau, yakni sistem yang mampu memfasilitasi hasrat para penggunanya.

Android seakan menjadi mahluk baru yg bisa memberikan semua hal, termasuk yang lagi trend akhir-akhir ini adalah permainan POKEMON,entah permainan apalagi yang membuat manusia semakin masuk pada perangkap kegilaan. Pokemon dicari dimana-mana padahal hanyalah permainan system saiber dengan bantuan GPS dan camera yang menghasilkan kepuasaan batin para pemainnya. Mereka ditengelamkan oleh mesin alinator tingkat tinggi hingga meruntuhkan nalar sehat penggunanya.

Pokemon semakin memberi sinyal nyata praktek penindasan jiwa yg dijalankan mesin simulancar, mereka orang-orang yang ngaku modern tapi prilakunya kurang bisa diterima akal sehat. 

Penjajahan saiber pokemon menyasar generasi usia produktif, mereka dilumpuhkan kreatifitasnya agar menjadi generasi budak, yakni generasi yang sitiap kapanpun dan dimanapun dapat dikendalikan untuk menjalankan penghisapan dan praktek penindasan terhadap bangsanya sendiri.

Pokemon syestem permainan yang dijadikan sample test case, atau exprimen ruang bebas dan lintas generasi, uji coba ini tidak lain untuk melihat daya kendali sistem yg menjadikan setiap orang  terperangkap dapat menjadi robot yang siap diperintah, bahkan untuk kepentingan intelegen sekalipun. Penindasan jiwa akan terus dijalankan hingga manusia tenggelam dan terbunuh eksistensi kemanusiaanya.

Refleksi di Jember
oleh Dasuki Aufklarung 20/07/2016

Respon Pembaca.