HIDUP SANTAI DI ZAMAN TEKNOLOGI

JATIMAKTUAL, OPINI,- Banyak kehidupan manusia  di muka bumi ini banyak dengan liku-liku yang hidupnya hanya sebatas sarana bagi dunia ini. zaman semakin maju, segala sesuatu di dunia ada saja perubahannya, dari zaman ke zaman tahun ke tahun bulanpun juga begitu serta hari dan menit.perubahan cara fikir manusia, teknologi, perilaku, hingga gaya hidup manusia teknologi, perilaku, hingga gaya hidup. Yang hanya di bijakkan untuk santai ternyata salah dalam menggunakan waktu, waktu yang sekian rupa ini yang tidak akan kembali pada hari yang sebelumnya penyebabnya banyak faktor yang dapat merubah pola fikir manusia dari alat teknologi yang di pakai, akan tetapi apabila hati-hati dalam melaksanakannya akan menjadi hubungan.  

Pekerjaan semua manusia yang mayoritasnya ingin santai baik para pejabat, pembisnis, pendidik, pegawai, petanipun juga ingin santai akan tetapi apabila manusia selalu santai dengan zaman teknologi ini sewaktu-waktu akan merusak budaya nenek moyang kita yang dulu,segala sesuatu masih kita masih sebagai manusia yang mengatur, mengurus, membuat suatu barang dengan kemampuan terbatas yang kita punya. di kerjakan oleh mereka jadi sebagian kecil sebagai generasi yang hidup pada zaman teknologi menjaga budaya nenek moyang kita. 

Generasi bangsa .putra banbsawan putra pejabat, putra petani semuanya tidak ada bedanya kota maupun desa tidak akan menjadi penentu majunya bangsa jikalau tidak menjaga kehidupannya pada era teknologi santai ini, ada perubahan yang mudah kita terima, ada juga yang sulit untuk di terima dalam masyarakat.ada perubahan yang menguntungkan  ada pulalah yang menjadi resiko.

semua kehidupan tergantung bagai mana kita melihat, menilai, menghadapinya apabila kita santai maka santai juga yang di dapatkan seperti yang kita lihat pada sekarang ini zaman semakin modern, segala sesuatu semakin santai dalam mendapatkan pekerjaan.dan semakin mudah dalam menjalaninya.

Bergantinya kebiasaan remaja pada masa-masa kini sudah banyak warnet yang mempengaruhi para remaja untuk pergi ke warnit dari pada ke masjid hanya untuk bermain dan komonikasi kepada teman,sahabat, pacar, kerabat, ataupun orang baru yang kita kenal melalui aplikasi,yaitu facebook, bbm, twetter dan lain-alain. Hanya yang tidak bisa di berkomunikasi dengan tuhan tidak bisa, bisa dengan cara berdo,a dan ber sujud kepadanya.

Perkembangan teknologi di dunia ini
Teknologi industri, Masyarakat terdahulu memakai teknologi hanya sebatas keperluan saja dan kebutuhan mereka masing-masing.semakin banyak pula alat/barang yang di butuhkan yang memenuhi keperluan keluarganya.

Teknologi komunikasi dan informasi, hubungan dengan orang lain di katakan berkomunikasi proses penyampaian berita,secara langsung atau tidak langsung, dan pesan.

Teknologi transportasi, pengetahuan di bidang transportasi juga tidak kalah saing dengan keduanya dulu kalau manusia bepergian jauh pakek kuda sekarang mala pakek sepeda motor, mubil dll.

Setinggi apapun teknologi yang kita dapatkan jangan sampai gangan sampai salah menggunakannya, kita bisa tersesat dan salah jalan, yang dapat dipengaruhi hidup budaya indonesia,sekarang ini kita tidak boleh hidup santai karena kita di atur oleh teknologi dalam berkomonikasi, bermasak, mencari informasi namun teknologi yang semakin maju ini bukan hanya membuat kita lebih santai, lebih mudah dalam segal hal akan tetapi membuat kita semakin diperalat oleh teknologi, bukan menulak kemajuanteknologi.

Ditulis oleh. Badrut Tamam Efendi
Mahasiswa STAIN Pamekasan, Pendidikan Bahasa Arab, Semester VI

Respon Pembaca.